IT harus Tau! Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 8 dan 10

Deewidiarsana.web.id - Tutorial membuat bootable installer windows 10 menggunakan flashdisk dengan menggunakan software tambahan sangat perlu kamu ketahui. Bagi kamu yang mempunyai laptop atau komputer yang tidak memiliki DVD-Rom bootable melalui flashdisk ini adalah salah satu opsi untuk menginstall ulang windows baru di laptop/pc kamu.
Apa saja sih persiapan untuk menginstall windows 7, 8 dan 10 di laptop menggunakan booting melalui flashdisk? Nah kali ini saya akan membahas tutorial permbuatan bootable flashdisk windows menggunakan flashdisk dengan software tambahan yaitu Rufus.

Persiapan

  • Hal yang dibutuhkan untuk membuat bootable flasdisk windows, maka kamu harus mempunyai flashdisk dengan ukuran 4Gb atau 8Gb untuk windows 7, 8 dan 10 update 2016. Namun bagi kamu yang ingin menginstall windows 10 update terbaru februari maka kamu memerlukan flashdisk 8gb - 16gb.
  • Persiapan kedua adalah kamu harus mempunyai iso-image windows, baik itu windows 7, windows 8 dan windows 10 update terbaru.
  • Siapkan software tambahan Rufus versi terbaru.

Langkah pembuatan bootable windows 10 via flashdisk menggunakan software Rufus

  1. Langkah pertama, tancapkan flasdisk yang akan kita gunakan untuk bootable. 
  2. Kemudian buka software rufus jika tidak mempunyai software ini silahkan kamu kunjungi tautan Rufus. Setelah berhasil didownload dan diinstall silahkan kamu buka rufus tersebut kemudian jalankan Rufus nantinya flashdisk akan otomatis terdeteksi. Untuk membuat bootable pada bagian opsi “Create a bootable disk using“, pilih “ISO image” lalu pilih icon drive untuk memilih file ISO yang diinginkan.
  3. Setelah kamu berhasil memilih iso image windows baik itu windows 7, 8 dan 10 maka otomatis Volume label akan berganti sesuai dengan data ISO tersebut. untuk memulai proses klik Start dan sebelum prosesnya berlangsung akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa seluruh data pada flashdisk akan dihapus. Tunggu prosesnya kurang lebih 5 menit, setelah selesai kamu boleh menutup rufus dan flashdisk siap dipakai sebagai media bootable.
Demikianlah bagaimana cara membuat bootable flashdisk via rufus. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "IT harus Tau! Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7 8 dan 10"